Previous Next

Ruang untuk Budaya Rakyat

01/07/2010 By admin

OlehJoSantoso: Pertamaadalahbahwabudayahanyabisaberkembang,ataudikembangkankalau“Lebensraum”yangdiperlukannyatersedia.
Tidakadabudayabisaberkembangtanpaketerikatanpadatempatatauteritori/ruangdalamartifisik.Prosesperkembanganbudayaterjadidi
sebuahtempatdandilakukansecarabersamaolehsejumlahkelompokmasyarakat.
Jadikalaukitabicaratentangbudayaurbanyangtradisional,yangnon-feodal,makaselamainikota-kotabesardiIndonesiasepertiJakartatidakpernahmemberikantempatyangmemungkinkanperkembangansemacamitubisaberlangsungi.Memangkitatidakseburuk Singapurayangmembabathabisperkampungantradisionalmereka,dansekarangsecarabudayamatisuri,tetapikitapuntidakpernahsecarasadarmemberikanruangbagimunculnyasebuahbudayaurbanyangberbasispadapolakehidupanmasyarakatkita.Budayakotayangunggulbarubisa(suatuhari)munculkalaukitajugamenyediakanruanghidupbagibudayaurbanuntuksemualapisanmasyarakat,terutamauntukrakyatbiasa.Karenakalaubudayarakyatnyatidakbisaberkembang,karenadigusurhabissepertidiSingapura,sekolahtinggisenisebanyakapapuntidakbisamenggantikan.Kalautidakadabudayarakyat,budayatinggipuntidakbisamuncul.
LihatjugaRuangKhalayakdanKebudayaanserta CityLife,fromJakartatoDakardanJakartaUtara

 

4 thoughts on “Ruang untuk Budaya Rakyat

  1. selamat siang, saya mahasiswa arsitektur yang tertarik sekali dengan permasalahan ini dan mempunyai keinginan untuk mengangkat masalah ini ke tugas akhir saya.

    namun, permasalahan yang saya hadapi, saya belum menemukan refrensi-refrensi yang tepat untuk menguatkan argumentasi tentang “budaya membutuhkan suatu tempat untuk berkembang” dan argumentasi tentang “kalau kita bicara tentang budaya urban yang tradisional, yang non-feodal, maka selama ini kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta tidak pernah memberikan tempat yang memungkinkan perkembangan semacam itu bisa berlangsung”.

    apakah saya bisa mendapatkan refrensi-refrensi yang dapat menguatkan argumen-argumen diatas? baik berupa buku atau jurnal-jurnal atau referensi lainnya?

    terima kasih atas perhatian dan bantuannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *