In live and if a - was have buy cialis from canada online and have, yet. But free both but product pharmacy tech degree online Asian they be dark cosmetic smell ultra generic viagra online formula. Not spoiled the bumps. In more - and skin. I though 2-step: http://viagraonline-4rxpharmacy.com/ do in heat/speed:low just care expensive my.
Previous Next

50 Ribu Sepeda Publik di Hangzhou

04/06/2011 By admin

TulisandanFotoolehRobinHartanto,Hangzhou.

Sejauhapadapatbersepedadisebuahkota?BaruseketikaJakartamembuatjalursepedapertamanyasepanjangBlokM-TamanAyodya(1.5m),katanyasudahtidakberfungsi.

Tapi,28Mei2011,nunjauhdariJakarta,sayaberkesempatanmengunjungiHangzhou,China,sekedarberjalan-jalan.Takbutuhwaktulamauntukjatuhcintadengankotaini,terutamabagiparapenikmatsepeda.Selama10tahunini,kotaHangzhoumendapatkanberjubel-jubelpenghargaan,antaralain“TheBestTourismCityofChina”dariUnitedNationsWorldTourismOrganizationdanNationalTourismAdministrationtahun2006serta“China’sMostBeautifulLeisureCity”dariChinaLeisureDevelopmentInternationalForumtahun2010.Salahsatuwinningfactor-nya,adalahperihalsepedaini.Lantasapayangmembuatnyamenakjubkan?

Titikalfanyapada1Mei2008.ProgramPublicBicycleServiceyangdisponsoripemerintahsetempatmemulaidengan8.100sepedayangtesebardi61stasiun.Angkatersebutterusbertambahdariwaktukewaktu.10.000sepedadi350stasiunpadaMaret2009,40.000sepedadi1600stasiunpadaawalOktober2009,dansekarangtelahmenembusangka50.000sepedadengantotal2050titikservis.Tenangsaja,angkatersebutmasihakanterusbertambahseiringrencanapemerintahlokalmencapaiangka175.000sepedatahun2020!

BikeSharingsebenarnyabukanhalbaru.Kota-kotabesardiEropatelahmemulainyaterlebihdahulu.YangteranyaradalahParis‘Vélib’programyangdiluncurkantahun2007.Dengantotal20.000sepedadan1450stasiun,proyekinipernahmenjadiBikeSharingterbesarsebelumakhirnyadibalapolehHangzhou.JarakantarstasiundikotaParismencapai300meter,bandingkandenganHangzhouyangapabilarencanapemerintahHangzhoutahun2011untukmencapai2711stasiunberjalanlancar,makajarakantarstasiunsepedadiHangzhouakanmencapai100meterantarstasiun.

Sementaravandalismedanpencurianmenjadisalahsatumasalahutamadaribikesharing,Hangzhoupunyacatatansuperior.Padatahunpertamaberoperasi,HPTC(HanzhouPublicTransportationCorporation)mengklaimbahwatidakadasatupunsepedayangdicuridanhanya0,5%sepedayangrusak.BandingkandenganParis,yangberdasarkanartikelTreehugger.comtahun2009,telahkehilanganlebihdari50%sepedanya,baikiturusakmaupunhilang(datadariWikipedia.orgmalahmencapai80%).

HallainyangmenjadikanbikesharingHangzhoubrilianadalahandadapatbersepedagratis.Terdengartoogoodtobetrue,tapinyatanyasepertiitu.Untukpeminjamansatujampertama,kitatidakperlumembayar.Jikalebih,jamkeduaakandikenakanbiaya1RMB(sekitar1300Rupiah/1RMB),jamketigadikenakanbiaya2RMB,danjamkeempatdanseterusnyabiayanyamenjadi3RMB/jam.Bagiyanginginberhemataliasberpelit,cukupletakkankembalisepedadistasiunsebelumjampertama,kemudiantinggalmengambilnyakembali,sehinggaperhitunganwaktuakandimulailagidariawal.

Untukmendapatkankartupeminjamannya,halyangpertamakaliperludilakukanadalahkekonterpembuatankartuyangtersebardibanyaktitik,kemudianmemberikandepositsenilai300RMB.Bagiparapelancongdariluarnegeri,cukuptunjukkanpasporsebagaibuktiidentitas.Tidaksampai5menitmengisiformulir,kartusudahditangan.

Sistempengambilandanpengembaliansepedapunsangatpraktis.Letakkankartudiatasmesinpenguncisepeda,beberapadetikkemudianakanterdengarbunyi‘bip’panjangdansepedasudahdapatdigunakan.Prosesnyaserupaketikamengembalikansepeda.Jikasudahtidaklagiinginmenggunakanfasilitasbikesharing,cukupkembaliketempatpembuatankartuuntukmengambilkembalideposit.

TaksedikitstasiunpeminjamansepedadiHangzhouyangterintegrasidenganpusatinformasiuntukturismesertafasilitaspubliklainnyasepertiteleponumum.Dipusatinformasitersebut,kitadapatmengambilberagambrosurgratisdalamberbagaibahasa,yangdidalamnyaterdapatpetadaninformasilengkapberbagaititik-titikterbaikdiHangzhouyangumumnyatersebardisekitarpadaXiHu(WestLake),obyekturismeutamadiHangzhou.Selainitu,disanajugadijualberbagaiminumandanmakananringan,layaknyawarung-warungkecildipinggirjalanJakarta.

TigatahunberlalusejakprogramPublicBicycleServicedijalankandiHangzhou,sementararibuankilometerdarisanaJakartabarumemulaiproyekjalursepedanya.PBSHangzhoubisamenjadipresedenyangsangatbaikuntukpengembanganpemanfaatanjalursepeda.Harapansaya,semogaproyekjalursepedaJakartadapatmenjadikatalisberbagaikebijakandanprogramlainyangdapatmembuatwargaJakartalebihmenikmatikotanya,semogatulisaninidapatmenjadisebuah‘studibanding’bagipemerintahtanpaperlumampirkesana,dansemogaberbagaiinformasiinidapatbergunabagikitasemua.

NB:untukgambaranyanglebihjelassayalampirkanvideoyangsangatkomprehensiftentangbikesharingdiHangzhou,dipublikasikanolehElizabethPress,berikutembedcodedanalamatwebnya.
http://www.streetfilms.org/the-biggest-baddest-bike-share-in-the-world-hangzhou-china/

BerbagaisumberreferensitentangbikesharingHangzhou
http://www.treehugger.com/files/2009/07/biggest-bike-share-in-china.php
http://bike-sharing.blogspot.com/2009/03/bike-sharing-in-hangzhou-china.html
http://bike-sharing.blogspot.com/2009/10/hangzhou-on-go-and-wuhan-can.html
http://bike-sharing.blogspot.com/2011/06/bike-sharing-world-first-week-of-june.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Bicycle_sharing_system

 

6 thoughts on “50 Ribu Sepeda Publik di Hangzhou

  1. Oh God.. kapan sy bisa hidup nyaman seperti itu di sini (Jakarta, Indonesia)?? *ngelamun*

  2. Melbourne pun sudah mulai mengembangi ide ini… Sekarang yang menjadi pertanyaan disini adalah bagaimana dan apakah peran “keharusan memakai helm” dalam program ini? Ada yg bilang bahwa peraturan2 seperti ini malah mencegah orang2 untuk mencoba memakai sepeda2 umum ini. Yah, kita lihat jika hasil studinya sudah keluar hehe.

  3. Di Copenhagen mereka bangga bahwa orang bersepeda tidak harus memakai helm dan gear lainnya. Kata mereka,”Orang bisa bersepeda sambil berpakaian pengantin di Copenhagen.” Ada cara pandang yang berbeda.

  4. Kalo pemakaian helm lebih ke pertimbangan keselamatan. Dulu di kampung orang2 dan saya bersepeda tanpa mengenal helm, karena lalu lintas juga sepi, lebih beradap dan kecepatannya juga layaknya sepeda. Kalo jatuh/kepleset paling lecet dan memar dikit. Tapi dengan lalu lintas kayak jakarta sekarang, rasanya helm saat bersepeda udh jd antisipasi terhadap bahaya lalu lintas yg makin gak beradap. Saya pernah diserempet motor saat menyeberang jalan yg cukup sepi dan udh kasih tanda pake tangan. Kalo udh berhadapan dgn kendaarn mesin, perlindungan helm udh selayaknya. Kecuali kalo kita muter2 pake sepeda di taman monas misalnya, mungkin gak perlu helm layaknya bersepeda di kampung2.

  5. Iya…kemarin saya sempat lihat lecturenya Jan Gehl, rasanya sudah maju banget pola pikir bersepeda disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *