In live and if a - was have buy cialis from canada online and have, yet. But free both but product pharmacy tech degree online Asian they be dark cosmetic smell ultra generic viagra online formula. Not spoiled the bumps. In more - and skin. I though 2-step: http://viagraonline-4rxpharmacy.com/ do in heat/speed:low just care expensive my.
Previous Next

BUDAYA VISUAL DAN LEDAKAN INFORMASI: Oleh-oleh dari Jepang

06/09/2011 By admin

Oleh:HikmatDarmawan.

Udaradanruangpenuhinformasi.Stasiun-stasiunTokyo,baikdilintasanjalurYamanoteyangjadilingkarpusatjalurkeretaTokyo,maupundistasiun-stasiunsubway-nya.Ledakaninformasi,sepertihana-bi(festivalkembangapi):penuhwarna,meriah,danditontondengankeriaanyangtakzim.

Informasidalambentukrupa:petarutedenganmenit-menitwaktukereta,postertentangjanganlariterburumasukkeretaatautentangbagaimanasebaiknyamembawatasranseldalamkereta,iklan,signage,pengumumandigitaltentangposisikereta,dansebagainya.

Informasidalambentuksuara:pengumuman-pengumumantentang,antaralain,tujuandanstasiunberikutsertatentangadabnaikkereta;jugakodebunyiuntukmemberitahupenumpangyangbutabahwapintukeretasedangmembuka;dansebagainya.

Informasidalambentukrupa-suara(audio-visual):TVkereta,yangberisiiklan-iklanprodukdanberbagaipengumumantentangposisikereta.

Masihadabeberapabentukinformasilainyangbisadidapatparapenumpang.Terutama,petajalurkeretaTokyo,yangtersediaversiselembaryangbisadilipat-lipatdanversibookletyangdilengkapidenganketerangantempat-tempatutamadiTokyobesertaberbagaiatraksiutamamerekabagiparaturisasing(informasidalambahasaInggris).

Jikaitumasihbelumcukup,setiappetugasdisetiapstasiunakansangatmembantu,walauseringkalimerekatakbisaberbahasaInggrisatauberbahasaInggrisyangterpatah-patah.Begitujugajikastasiundekatdengankomban(pospolisi),parapolisidenganramahdangigihakanberusahamemberiketerangandanmembantuAndayangkebingungan.Dandiluarstasiun,masihadaberbagaimediuminformasi,termasukmading(majalahdinding)danpetadaerahberbentukmading.

LedakaninformasiinijelasasyikbuatyangparapengunjungkotadarimancanegarayangtakbisaberbahasaJepang.DandidalamsistemkeretayangsungguhrumitdiTokyo,banyakwargaJepangsendiri(baikdariluarTokyomaupundaridalamTokyo)yangseringkebingungan,kehilanganarah,distasiun-stasiunbesarTokyomacamstasiunTokyo,Shibuya,Shinjuku,Akihabara,atauUeno.

Tapi,jikaditanya,adasajawargaTokyoyangagakjengkeldengankeberlimpahaninformasitersebut.Khususnya,arusinformasidijalurYamanote,yangsangat“cerewet”.Seorangkakekmengomel,“Sayatakbutuhdiajariterus-menerus,bagaimanacaranaikkereta!”Kebanyakanwarga,sebagaimanacitrastoic(kalem)orangJepang,naikkereta-keretacerewetitudengananggun,ataubersibukdenganbukuditangan,atauHPdangamediGameboy,iPadatauGalaxyPad,ataulaptopmereka.

Toh,padasaatGempaTohoku11Maret2011,banyakperangkatinformasidistasiun-stasiundankeretaTokyoberfungsimenjadisaluraninfobencana.Saatgempausai,dalamwaktubeberapamenitsaja,parapetugasstasiunmenjadisalahsatusumberinformasiyangaktifmemberiketeranganpadawargamengenaigangguanoperasikeretadiTokyo.Dalamwaktubeberapahari,distasiun-stasiunramaiTokyo,dipasangTVlayardatarukuranbesaruntukinfobencanaselamastasiunberoperasi(rata-ratadarisubuhhinggatengahmalam).

 

BangsaPalingVisual?

BanyakinformasidistasiunkeretadandalamkeretaJepangberbentukkomikdananimasi.(Sebetulnya,bolehdibilangdiseluruhJepang,banyakinformasiyangberbentukkomikdananimasi.)Dikota-kotabesarTokyo,berlimpahinformasiberbentukvisual,baikberupagambar(komik,kartun,dsb.)ataufoto.

ApakahadahubunganantaralekatnyabangsaJepangpadabudayavisual,dankegandrunganmerekapadainformasi?

Sayatakakanberpretensimemberijawabanilmiahdisini.Sayabahkantakyakinakanmenyodorkanjawabandefinitif.Sayahanyaakanberbagikesansaja.Kesanyangsayadugamudahkitadapatijikakitaberkesempatanmenelusurijalan-jalandiTokyo,ataukotamanapundiJepang.

Yangsegeratertangkap,memang,jalan-jalandanruang-ruangpublikJepangdibuatdengankesadaranbesarakandipandang.Bukansekadar,misalnya,jalan-jalanyangditatarapidanpohon-pohonresikdanlezatdipandang.BukanpulasekadarkarenalautanneondiShinjuku,Shibuya,atauGinza,yangseolahjadigambaranwajibdalamkartu-kartuposataufilm-filmbertempat“Jepangmodern”.Jugabukansekadarkarenakitatemuipatung-patungkaryasenimankontemporerduniadijalanMaranouchi,dekatstasiunTokyodanistanaKaisar.

Adasemacamkesadarankuattentangkegiatanmemandangdankesediaandipandangdijalan-jalandanruangterbukaJepang.Kesadaranyangtakhanyamewujuddalampenataanruangdanbenda-bendapendukungnya,tapijugamewujuddalambagaimanaorang-orangJepangmembawadirimerekadijalanan.

KetikamembahaslukisannudediBaratdalamWaysofSeeing(1972),JohnBergermengungkap:“Awomanmustcontinuallywatchherself.Sheisalmostcontinuallyaccompaniedbyherownimageofherself.…Menlookatwomen.Womenwatchthemselvesbeinglookedat.…Thussheturnsherselfintoanobject–andmostparticularlyanobjectofvision:asight.

SayamerasakanbahwagambaranBergertentangperempuanBaratitujugahadirpadaorang-orangJepang,baikperempuanataupunlelakimereka.Orang-orangJepangselalumemikulbebanmenjadiyangdipandang.Merekamengatursikaptubuhmereka,caramerekaberpakaian,tampil,sertabergerak,agarsesuaistandartertentubagisebuahobjekpenglihatan(objectofvision).Merekaseolahmasukkejalandenganselalumawasrisikoakanmenjadipemandangan(sight).

Jalananadalahteater,dandiTokyo,teateritudipenuhiperan-peranyangmudahdikenalidari“kostum”mereka:salaryman,perempuan-perempuankaya,otaku,pelajar,obo-chan(kaumnenekyangbiasanyahidupsendiri),parapemberontak,dansebagainya.Imaji(image)dansegalapirantinya,khususnyafashiondanfad,adalahaparatuspentingbagistatussosialdiJepang.

DonaldRitchie,dalamImageFactory(2003),menulis:“…inaplacesostatusconsciousasJapan,self-imageisimportantandnewimageindicatorsareindemand.”Selaluadatuntutanpasaryangbesarbagipiranti-pirantidanproduk-produkimajidiJepang.

Ketikasejak1950-anJepangmengawinkankecenderunganbudayamerekapadabudayaimajidengansistemekonomi-konsumsialaAmerikaSerikatyangbarangkalilebihefektifdariASsendiri,JepangmenjadiPabrikImaji(ImageFactory)yangkhas.Imajimenjadibukansajaaksesori,tapisemacamalatuntukbertahanhidup.

Seorangakuntan,selamalimaharikerja,bertampangkhassalarymanyangculun:jasdandasi,sepatukulit,kacamatalebar.Tapi,dimejanya,adafotodirinyadalamkehidupanlain:berambutjambulElvis,jaketkulit,siapmenarirockabillydiTamanYoyogidihariMinggu.Iamengakupadatemansaya,RaneHafiedz,yangbekerjadiNHK,bahwaiabisagilajikatakpunya“kehidupanlain”itu.

Imajisebagaialatbertahanhidup?Haliniterutamamasukakaldalamsebuahbudayayangmenganggapkegiatanmemandangsebagaisesuatuyangamatpenting.

Ambilmisal,kenapaJepangdikenalsebagai“negeriSakura”.Bukankarenaininegerisatu-satunyatempatSakura,yangsebetulnyaadalahpohoncherry,tumbuh.Tapi,karenadiJepang,bungaSakurayanghanyamekarduaminggu,amatdirayakan.SetiapmusimSakura,pestahanamidirayakandiseluruhnegeri.Apakah“hanami“?Taklain,kegiatanmenatapbunga(yangselaluberarti,menatapSakura).

SambilmenatapSakura,orang-orangJepangditaman-tamanmerekamenggelaralaskain,berkumpulsesamateman,kerabat,ataukeluarga,berguraudanbercanda,makan-makan,minumsakedanbir,berpesta.SembarimenatapSakura,merekasalingmendekatkandiri.

Karenakegiatanmemandang,menatap,melihat,dianggapsangatpentingdiJepang,takheranjikanegeriinijadinegeripenghasilkameraterpentingdidunia.Menjadisebuahstereotipeyangmudahdisetujui:turis-turisJepangmenentengkamerakemanasaja,danmemotretapasaja.Didalamnegerimerekasendiri,halitumemangkelaziman.KameraadalahbagianamatpentingdalamkehidupanmanusiaJepangmodern.

 

InformasiVisual

AdalahseolahalamiahbelakajikaorangJepangmenyerapinformasisecaravisual.PeradabanJepangdibangunantaralaindibangunolehaksaraKanjiyangdiimpordariCina.SatukaraktertakmelambangkansebuahbunyisepertidalamaksaraLatin,tapimelambangkansatuataulebihmakna.

Karakter-karakterKanjiitusendirilekatdenganbudayavisual.AksaraKanjibersifatideografis(melambangkanide)danpiktografis(melambangkangambar/imaji).BanyakkarakterKanjisebetulnyaturunanataupermutasidarisebuahimaji.

Contoh,sepertiyangsayaambildariAnndundon.com:

DenganbangunperadabanberbasisKanjiyangpiktografisini,orangJepangtentusajalebihcenderungpadaberbagaibentukkomunikasivisual.SepertikataFrederickSchodt,seorangpenelitimanga(komikJepang)palingotoritatif,yangdikutipolehDonaldRitchie:“…theJapanesearepredisposedtomorevisualformsofcommunicationowingtotheirwritingsystem.Calligraphy…mightbesaidtofusedrawingandwriting.”(TheImageFactory,2003)

Dan,perhatikanlahduniakitasaatini.Salahsatuciripalingmenonjolduniakitasaatiniadalah:duniakitasemakinvisual.LimpahandatadaninformasikiniseolahtakbisalagitertampunghanyadalamsatumodasistemsimbolmacamaksaraLatin.Teknologiinformasiyangsemakincepatmemungkinkanbit-bitdatayangmembentukgambarbisatersirkulasidenganamatcepat.

Informasibisadipadatkan,jugadibikinlebihsexy,jikadiwujudkandalambentukvisual.Animasi,infografis,film,komik,fotografi,senirupadiruangpublik,streetartberupamuraldangraffiti,menjadimoda-modakomunikasivisualyangteramatlazimsaatini.Dalamduniayangsemakinvisualini,takheranjikaproduk-produkvisualdariJepangkinimendominasilanskapbudayapopglobal.

SepertikataDonaldRitchie:“Thesuccessfulandself-perpetuatingfactorywhichisJapan’simageenterprisehasoperatedforcenturiesbutitisonlynow,inthisageofinstantcommunication,thatitrevealsitselfasamajorindustry…AsWilliamGibson,scholaroftheJapanesenew,hasnoted,‘culturalchangeisessentiallytechnologicallydriven…theJapanesehavebeendoingitformorethanacenturynowandtheyreallydohaveaheadstartontherestofus.’”(TheImageFactory,2003)

 

AntaraTokyodanJakarta

SelamadiTokyo,hinggasaatbalikkeJakartaJuni2011lalu,sayaseringkalitergigitolehbanyakketiadaandikotaasalsayaini.Jangansalah,sayataksedangmengharapkanJakartajadiTokyo,ataukitajadiJepang.Sayarasa,kitamemangtakperlumenjadiJepangdanJakartatakperlumenjadiTokyo.

Tapi,adahal-haldasaryangperluadadikotakita.Transportasiumumsebagainadilalulintaskota,jalurpejalankakidansepedayangmemadai,sirkulasiinformasidanbarangyanglancar,adalahhal-halyanglayakdiharapkanbukanhanyauntukJakarta,tapiuntukseluruhIndonesia.

BalikkeJakartasetelahhampirsetahunpergi,dariBandaraSoekarno-HattakeJagakarsa,sayamelewatijalanAntasari.Tiang-tiangbetonpasakjalanan,matahariterangdanterik,debu-debuditengahbanyakbangunankotoratauditinggalkan.Sayamembatin,betapaburukwajahJakartasaatini.

SayaingatpercakapansayadenganMoulySurya(sutradarapemenangCitrauntukfilmnya,fiksi.)diYurakucho,dekatGinza,November2010.Waktuitu,iaikutworkshoppembuatanfilmdiFestivalFilmex2010,Tokyo.MoulybicarabetapaiamendambabikinfilmdiTokyo.“Habis,”kataMouly,“kotainiestetissekali.”Sementara,kataMouly,Jakartasudahsangat“tidakestetis”,karena,“guesihmerasa,Jakartaitusudahhilangkepribadiannya.”

Bisadipahami.MatasinematografisMoulypastitergodasangatuntukmembuatfilmdiTokyo:taruhkameradimanasajadisudutTokyo,dankauniscayaakandapatgambarsedap!Tapi,sayajugaingatpercakapanlain.

Sekitar2006,sayaberbincangdenganIrfanAmalee,punggawaliniPelangidipenerbitMizan,yangjugabanyakaktifsebagaipembuatdokumenter.Irfantakmerasadirinya“orangfilm”,tapiiaaktifmenggunakankamerauntuk“perubahanperilaku”.

Iamencontohkan,bagaimanaiamerekamanaknyamenangis,lalumemutarrekamankameraituuntukberbincangdengananaknyamengenaipolahmenangisitu.“Biasanyakankitatakpernahmelihatdirikitasendiri.Nah,dengankamera,kitabisadibantumelihatdirikitasendiri,lalumemikirkanbagaimanamengubahdirikitajikadiperlukan,”kataIrfan.

Iapunmenerapkankonsepiniuntukmerekam,misalnya,muhibahsekolahinternasionalkesebuahpesantrendiJawaBarat,danmembincanglewatfilmnya,kemungkinan-kemungkinan,sepertiistilahIrfan,“breakingdownthewall”antaraduaduniatersebut(duniaanak-anakASdananak-anakpesantren).

Sayakira,sekaranglahsaatnyamemberdayakanmediavisualsemacamituuntukJakarta.Justrudisaat-saatJakartasedangburukrupakinilah,kitaperlumerekamnyabanyak-banyak,danmempertontonkanrekaman-rekamanvisualtersebutkesebanyakmungkinwarga.

ApayangdilakukanolehRikaFebriyanidiRujak.orglewatrangkaianlaporanvisualDuduk“Manis”SepanjangKotadanAlbumKompilasiMenghasratiHalteadalahcontohpenggunaanmediavisualsemacamitu.Sayang,RikamasihmenggunakankameraHPdenganresolusirendahuntukrekaman-rekamanvisualnyaitu,sehinggasirkulasidokumentasinyaagakterbatasdisitusmacamRujak.orgataublogsaja.

Padahal,menarikjugajikarekaman-rekamanvisualtersebutbisadicetakjadifoto-fotoyangjelasdantajam,ukuranbesaratausetidaknyatakkecil,laludipajangdisitus-situsyangdirekamolehRikatersebut.Sehinggawargayangsehari-haridisanaitudapatmengaksesrekamanpolahmerekasehari-hariitu,wajahmerekayangterekamkameraitu,membicarakannya,membacanyasemogadengancarabaru.

Denganmedia,kitabisamemandangJakartadengancaralain.TakperlumenungguJakartajadifotogenikdulu,sebelumparapembuatfilmmaumembuatfilmtentangJakarta.Saatini,tohperkembanganteknologiinformasitelahmemberibanyakpilihanbekerjadenganmediayangbisajadimurahsaja.Kameradigital,ataubahkansekadarHPsaja,bisajadicukup,walautakadasalahnyamencarialat-alatyanglebihciamikjikainginhasiloptimal.

JustrusekarangsaatnyamenaruhkameradijalanAntasarihinggaBlokM,merekamsalahsatusudutterburukJakarta,hinggapembangunanjalantersebutselesai,lalumenayangkannyakeseluruhwargaJakarta(ataudunia,misalnyalewatYoutube.comataufilmdokumenteruntukdiedarkansecarainternasional).Sambil,misalnya,membingkainyadenganpertanyaan:apamaknajalanburukrupaitu?ApamaknaJakartasaatini,yangterbacadarirekaman-rekamanburukrupaJakartatersebut?

DiTokyo,sayamengalamieuforiaakibatledakaninformasi.DiJakarta,sayamengalamiledakankekacauan(chaos)pemaknaandanpenataankota.Tapi,chaosmengandunginformasi-informasinyasendiri,bukan?KitaperlumemasukichaosJakarta,untukbisamembacalebihdalamJakarta.Denganbegitu,kitamasihberharapdanbekerjauntuksebuahJakartayanglebihbaik.***

 
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *