Editorial, Resources

Buku: Kata Fakta Jakarta

by Marco Kusumawijaya, 04.10.2011

Buku ini dimaksudkan sebagai bantuan-mengingat peristiwa yang selama dasawarsa terakhir membentuk Jakarta seperti sekarang.

Ia tidak pernah lengkap, dan terbuka untuk ditambahi dan diperbaharui. Sebaiknya setiap satu atau beberapa tahun ada buku semacam ini, yang mencatat apa saja peristiwa penting sepanjang tahun atau tahun-tahun sebelumnya. Sudah pasti ia mencerminkan subyektivitas para editornya, yang meskipun telah bekerja keras dalam memilih bahan yang pantas dimuat dalam keterbatasan ruang, waktu dan uang, tidak ingin berpura-pura sepenuhnya obyektif. Yang dipentingkan adalah subyektivitas yang terbuka dan komunikatif, ketimbang obyektivitas yang tertutup dan sekali-jadi.

Mudah-mudahan dapat muncul kebiasaan untuk berkala menerbitkan kumpulan pengetahuan bersama ini.

Gunanya adalah membantu kita membangun kota dengan sadar, bahwa segala sesuatu terkait dalam kontinum waktu dan ruang. Kota adalah suatu produk peradaban manusia yang terbesar. Ia menggunakan sekitar 40 % dari semua sumber daya alam yang digunakan manusia di seluruh dunia. Ia mencerminkan keputusan-keputusan dan kemampuan kolektif kita. Cilaka kalau kita terus membangun tanpa menyadari apa yang sudah ada –yang buruk maupun yang baik—dari diri kolektif kita sebelumnya.

Jakarta mengcengangkan karena kecepatan dan besaran perubahannya tiap saat. Hanya sedikit yang dapat diketahui tiap masa-hidup tiap orang, bila tanpa bantuan. Seringkali kita menemui sesama warga yang tidak tahu pasti tentang, misalnya, hubungan antara Ali Sadikin dan Suharto, atau mengapa jalur khusus-bus TransJakarta ada di sisi jalur cepat, atau mengapa banjir dan kemacetan makin buruk, dan lain-lain. Ada banyak spekulasi atas siapa dan apa yang salah karena kurang terang dan terbukanya fakta. Seringpula kebijakan memancing kritik karena dirasa dibuat tanpa dasar fakta yang kuat. Mudah-mudahan sebuah buku bantuan-mengingat ini dapat mengurangi spekulasi semacam itu, sehingga Jakarta dapat menjadi makin sesuai dengan keinginan kita yang paling sederhana, yaitu tempat kita hidup nyaman dan baik.

Memiliki semacam pengetahuan bersama, yang dikumpulkan dan diingat bersama-sama seluas-luasnya, kelihatannya diperlukan oleh semua kota.

 

 

 

 


Topics: | Agent of Change: none

36 Responses to “Buku: Kata Fakta Jakarta”

  1. riki.saputra says:

    wah boleh nig, bisa dapatkan buku tsb <dimana ya?

  2. saya perlu pengetahuan tentang jakarta ini alamat sy :perum ytl paiton
    blok 1-d2 jln raya surabaya-situbondo km 141 probolinggo jawa timur

  3. lulu says:

    setelah pesan langsung transfer donasinya kah?
    please answer soale i need this book

    1. betul, terima kasih atas donasinya

  4. adhitya wirayasa says:

    saya boleh tahu isi buku ini mengulas tentang apa saja? (sesuai dengan daftar isinya)

    1. Berisikan kejadian/peristiwa/kebijakan yang kami pilih sepanjang 12 tahun terakhir (1998-2010). Misalnya Tragedi Mei 1998, Privatisasi Air, TransJakarta, Sampah Jakarta, Sanitasi Jakarta, Reklamasi, dll.

  5. Anita Syafitri Arif says:

    Mba’ Elisa, barusan sy mengisi dan mengirimkan form pemesanan dan donasi KataFaktaJakarta yaa… ada email bukti transfer ke alamat yg tercantum dalam form, dan ku-fwd ke alamat email Mba’ Elisa…

    Kirakira bisa diterima kapan yaa…? udah gak sabar nih pengen baca… :)

    Salam -anita-

    1. Halo Mbak Anita, sudah diterima dengan baik, dan akan kami kirim secepatnya

  6. [...] “Kata Fakta Jakarta” dapat dipesan dengan mengisi formulir ini: https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?hl=en_US&formkey=dGM5Ym1LWllMMEEyVktrc3R6WENrbmc6MQ#gid=0 Share Buku “Kata Fakta Jakarta” Dapat Dipesan [...]

  7. relan says:

    Mbak Elisa yg baik,
    boleh sy tau Bank Mandiri, Jakartanya (asumsi sy jakarta :) ) cabang mana? dan nama penerimanya?
    terimakasih,
    relan

  8. Savitri says:

    Mbak Elisa,
    Saya hari Senin isi formulir utk pesan buku Fakta Kata Jakarta dan juga mentransfer sumbangan. Tapi kok bukunya belum tiba juga ya? ada kabar?

    thx,
    savitri

  9. Fabhio Parinussa says:

    cara memesannya gimana?

  10. Arok says:

    Saya masih bingung, harga bukunya berapa ya? di formulirnya hanya ada transfer untuk donasi.

    1. Kami tidak menetapkan harga untuk buku. Anda bisa mendonasikan utk buku dan kami akan mengirimkannya. Jika tidak donasi pun tidak apa, tetapi harus mengambil di kantor Rujak (alamat terlampir di lembar donasi).

  11. mensana says:

    dimana buku dapat diambil setelah trf partisipasi,
    terima kasih sebwlumnya.

    1. Elisa Sutanudjaja says:

      Halo, aoakah sudah isi form donasinya? Stlh isi form dan transfer partisipasi, bisa fax/emailkan bukti (kontak ada di form). Dan buku bisa dikirimkan ke alamat anda.

  12. priska says:

    mbak, saya sudah transfer tgl 29 Desember, tapi via sms banking, susah mau ngirim bukti transfernya. gimana ya? trimakasih.

  13. Angga says:

    Kok yang di bahas fakta-fakta yang negatif ya? Ga ada fakta positif ya di Jakarta yang bisa di contoh oleh kota lain di Indonesia?

  14. Marco says:

    Rasanya tidak begitu. Coba lihat lebih teliti.

  15. Angga says:

    Saya baru membaca bagian Sub Babnya sehingga yang pertama kali terlintas dalam benak saya adalah fakta-fakta negatif Jakarta, karena memang judul-judul pada Sub Babnya terkesan mempermasalahkan sisi negatif Jakarta. Karena judul yanhg baik mewakili isi.

  16. barjow says:

    maaf, pertanyaan saya mungkin sudah ditanyakan tapi saya rasa perlu ditanya agar saya yakin. Terkait donasi, adakah jumlah minimal yang ditetapkan oleh redaksi buku/temen2 di rujak??

    maaf sebelumnya saya kurang tau alamatnya, mungkin bisa lebih jelas?

    terima kasih sebelumnya.

    salam.

    1. Tidak ada jumlah minimal. Trims.

      1. subarjo says:

        bagaimana ddengan alamatnya? saya kesulitan mencari tau lokasinya.

        saya hanya tau itu di daerah sarinah.

        terimakasih sebelumnya.

  17. Dear Elisa,

    Apakah memungkinkan untuk mendapatkan buku ini dalam bentuk elektronik atau soft-copy? Saya bersedia menyumbang dan memiliki buku ini jika tersedia dalam bentuk soft-copy. Terima kasih.

    Giri

    1. Halo Giri,
      kami sedang dalam tahap me-wiki-kan buku Kata Fakta Jakarta supaya bisa dikembangkan terus menerus dan diakses umum dengan mudah. Begitu sudah mulai terwiki, pasti akan ada beritanya di website ini. Terima kasih atas minatnya untuk Kata Fakta Jakarta.

  18. deche says:

    Bisa minta informasi cabang Bank Mandiri untuk account Yayasan Rujak Center? Saya mau kirim donasi via e-banking dan perlu informasi cabang Bank Mandiri nya.
    Terima kasih.

    1. Nomor rekening: Yayasan Rujak Center for Urban Studies di Bank Mandiri nomor 103-00-0579937-0.
      Mohon isi form disini:
      https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?hl=en_US&formkey=dGM5Ym1LWllMMEEyVktrc3R6WENrbmc6MQ#gid=0

      Terima kasih

  19. Gratio Ray says:

    Dear Elisa,

    Apakah buku Kata Fakta Jakarta edisi berikutnya berisikan data-data baru atau hanya update dari edisi yang pertama?
    Terima kasih

    1. Marco Kusumawijaya says:

      Belum ada rencana. terima kasih atas perhatiannya.

  20. dennus says:

    apakah buku “Kata Fakta Jakarta” masih tersedia ? saya mau pesan 1 buku. Trims.

      1. dennus says:

        Ok… Trims…

Leave a Reply