News

Undangan Diskusi: Bangunan Cagar-Budaya Gedung eks P&K di Jalan Cilacap, Menteng, Terancam Dihancurkan

by Marco Kusumawijaya, 23.05.2012

Tanggal 24 Mei 2012, Pukul 10.00 – 11.30, di Hotel Cipta , Jl. KH Wahid Hasyim 53,  Jakarta 10350.

Saat ini ketika kita asik berbincang tentang rencana pemilihan Gubernur DKI, lalu sibuk membahas sebab-sebab kemacetan di hampir setiap ruas jalan di kota Jakarta ini. Kemudian tenggelam dalam aktivitas keseharian yang rumit. Diam-diam pada saat bersamaan sebuah gedung tua bersejarah Telefoongebouw Menteng (Gedung P&K) perlahan dirobohkan. Meski masuk dalam kategori bangunan cagar budaya golongan A (Perda DKI Jakarta No.9, 1999 tentang pelestarian dan Pemanfaatan Lingkungan dan Bangunan Cagar Budaya), yang berarti dilarang dibongkar atau diubah! Segala bentuk peraturan tersebut seakan sirna.

Kegusaran, kekecewaan termasuk kemarahan sepertinya tak cukup untuk mengatasi hal ini. Untuk itu kami dari Menteng GRIP, menjembatani pertemuan antara rekan-rekan wartawan dan pemerhati dengan Adolf J. Heuken, S.J sejarawan yang menulis berbagai buku antara lain Menteng ‘Kota Taman’ pertama di Indonesia dan bibliografi sejarah Jakarta berjudul sumber-sumber asli sejarah Jakarta. Guna membahas hampir lenyapnya salah satu bukti sejarah Nasional 45.

Semoga pertemuan ini dapat menjadi ajang pembahasan yang menarik dan tentunya berguna demi mempertahankan keutuhan, saksi sejarah lewat  salah satu cagar budaya sebuah kota bernama Jakarta!

Hormat kami,

Nia Kaloke

Koordinator Acara

Mohon konfirmasi

Fristy : 021-31934377

 

 

 

 

 

 


| Agent of Change: none

Leave a Reply