Events, News

Diskusi Warga: Jakarta: The Urban Revolution(?)

by admin, 20.06.2012

 

Urban Revolution di Indonesia perlu mendapat perhatian khusus karena adanya peningkatan jumlah penduduk perkotaan di masa yang akan datang, sementara jumlah penduduk muda semakin meningkat. Di saat bersamaan, peningkatan arus penduduk perkotaan dengan usia semakin muda tidak serta merta membawa revolusi pada tingkat perkotaan dan pengelolaan kota.

Kasus-kasus salah urus kota ini mendorong kita berpikir bahwa kelihatannya perlu cara berpikir yang berbeda untuk dan dalam mengelola kota ini, bahwa tidak cukup hanya perbaikan tambal sulam, bahwa perlu system re-installment atau reboot dengn operating system yang baru, perlu upgrade dengan versi baru bukan hanya update.

Kasus terkini seperti Gedung Telefoongebouw yang dimanipulasi golongan pelestarian-nya, dan tafsir atas penggolongan, serta pembongkaran tanpa IMB. Sementara contoh lain, perijinan dan pendirian SPBU yang bisa dimanipulasi sedimikian rupa hingga bisa tetap berdiri.

 

Pilkada 2012 sendiri adalah suatu “revolusi” dalam batas tertentu: calon indie untuk pertama kalinya, banyaknya pasangan cagub-cawagub, kumpulan dari harapan besar atau bakal kekecewaan besar?

Tetapi, sejauh apakah mekanisme pilkada mendatang akan menghasilkan “urban revolutions”?

 

Tujuan diskusi ini adalah mengangkat persoalan tentang perlunya perubahan mendasar dalam pengelolaan Jakarta menuju ke kelestarian, dan menakar kemungkinannya melalui pilkada 2012. Diskusi ingin mengangkat unsur dan faktor yang dapat berperan menghasilkan revolusi yang diharapkan atau diperlukan.

Menyongsong 11 Juli 2012, diskusi ini diharapkan dapat menyumbang pada kesadaran kritis warga Jakarta untuk memilih gubernur yang lebih baik.

 

Untuk Indonesia, ini barangkali suatu sumbangan untuk merenungkan dampak Pilkada Jakarta 2012 bagi seluruh Republik Indonesia.

 

Hari.Tanggal   : Jumat, 22 Juni 2012

Jam                  : 13.00 – 16.00 – diawali dengan makan siang bersama

Lokasi              : Gado-Gado Boplo Menteng

Jl Gereja Theresia no 41, Menteng, Jakarta Pusat

Agenda Acara : 13.00 – 14.00 Makan Siang

14.00 – 14.30 : Pembukaan oleh Marco Kusumawijaya

14.30 – 14.45 : Presentasi The Urban Revolution

14.45 – 16.00 :  Diskusi

 

pendaftaran dapat mengisi formulir di bawah ini


| Agent of Change: none

Leave a Reply