Bunga Menginspirasi

Musim semi di Tokyo terasa demikian spesial. Berkat pemanasan global, mekarnya bunga Sakura pun bergeser, dan pada pohon-pohon tertentu malah bermekaran di penghujung bulan April. Mekarnya bunga Sakura menandai akhirnya musim dingin, pelan-pelan bunga tersebut memenuhi batang-batang kering pohonnya, menandakan kehidupan baru dimulai.

Bunga dan kehidupan masyarakat Jepang seakan saling berkaitan. Sakura di kebanyakan kota-kota Jepang, atau bunga Azalea yang mewarnai kota-kota di Jepang bagian Selatan, tepatnya di Pulau Kyushu. Budaya dan bunga pun saling bersinggungan. Tradisi upacara minum teh atau cha no yu tidak bisa dipisahkan dengan kaligrafi dan seni merangkai bunganya atau Ikebana. Setiap aliran, setiap musim dan setiap kota memiliki rangkaian bunga berbeda yang mewarnai ruang-ruang minum tehnya.

Sakura di sepanjang jalan menuju Stasiun Yotsuya

Toko bunga pun bertebaran di sepanjang sudut kota, dia tak ubahnya seperti kios majalah, berada di tempat strategis. Tak hanya berhenti di bunga potong, toko bunga di Jepang menyediakan bunga-bunga dan tanaman dalam pot. Jika anda berada di Jepang, dan diundang ke pesta rumah baru, maka tanaman pot adalah salah satu hadiah ideal. Bunga pun wajib hukumnya bagi rumah-rumah warga kebanyakan di Jepang, dimana altar leluhur mereka selalu dihiasi oleh bunga-bunga.

Toko bunga di daerah Sengawa

Bunga tak hanya menjadi simbol dan hiasan, ia pun menjadi inspirasi bagi produsen makanan Nestle lewat produknya Kit Kat. Setiap menjelang musim semi, Nestle mengeluarkan seri Kit Kat rasa sakura di kota-kota tertentu, dan bunga-bunga lain pada kota lain juga.

Kit Kat rasa Sakura dan Green Tea

Akhirnya bunga berhenti menjadi pemanis, dia menjadi simbol, bagian dari budaya, dan sinergis dengan kehidupan. Dia juga menjadi peluang bagi petani dan pengimpor bunga, dan disaat bersaman menjadi inspirasi bagi industri lain. Apakah arti bunga bagi anda? Apa arti bunga bagi kota kita? Lewat Rawa Belong, kita dapat melihat bahwa ada denyut ekonomi bunga yang menjadi bagian dari Jakarta. Mungkin bunga pun bisa memberi cerita lain – membawa kedamaian dan keceriaan, seperti Azalea di Minamata yang seakan menceriakan kehidupan Minamata paska tragedi pencemaran air raksa yang banyak merengut nyawa dan merusak tatanan dan keakraban hubungan sosial disana.

Azalea di Minamata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *