Pameran dan Diskusi Sayembara Terbatas StrenKali Surabaya

Rujak Center for Urban Studies, bekerja sama dengan Universitas Pelita Harapan, Arkom Jogja dan Paguyuban Warga Strenkali Surabaya menyelenggarakan Pameran dan Diskusi Sayembara Terbatas Stren Kali Surabaya.

Pameran: 4-15 April 2011 di Gedung B, Universitas Pelita Harapan

Diskusi Peran Arsitek dalam Komunitas

8 April 2011, 13.00 WIB, MYC MultiPurposeRoom

Lantai 1 Gedung D, Universitas Pelita Harapan

Permukiman kota untuk kelompok masyarakat berpenghasilan rendah belum pernah mendapatkan solusi yang memuaskan, terjamin keberlanjutannya, serta dapat direplikasi. Bahkan dapat dikatakan bahwa pada saat ini ada terasa semacam suatu kebuntuan pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Pemikiran mutakhir di seluruh dunia menyimpulkan bahwa salah satu kunci untuk membuat terobosan adalah: Prakarsa dan Partisipasi Masyarakat yang bersangkutan.

Permukiman di Stren Kali yang tergabung dalam Paguyuban Warga Stren Kali Surabaya (PWSS) berupaya menjadi contoh untuk pendekatan yang lestari dengan konsep teknis, ekonomi, sosial-budaya, dan hukum yang benar-benar memajukan prakarsa dan partisipasi masyarakat yang bersangkutan.

Sayembara Terbatas Perencanaan Partisipatif Stren Kali Surabaya merupakan kerja sama antara Rujak Center for Urban Studies, Urban Poor Consortium dan Paguyuban Warga Stren Kali Surabay, dan didukung oleh Asian Coalition of Housing Rights. Peserta sayembara ini adalah 7 arsitek & kantor arsitek: Han Awal, Adi Purnomo, Avianti Armand, URBANE, Wiyoga Nurdiansyah, Yu Sing dan Eko Prawaoto.