SAYEMBARA RUMAH RAKYAT 2009 (redefinisi rumah dengan biaya sangat terbatas)


“..good design is for everyone..” 

Setiap orang membutuhkan rumah yang baik, aman dan nyaman. Arsitektur rakyat yang berpihak kepada masyarakat berpendapatan rendah, sangat membutuhkan berbagai solusi desain arsitektur untuk menjawab permasalahan rendahnya dana, sempitnya lahan, dan ketidakmampuan untuk menggunakan jasa arsitek profesional. Sementara rumah-rumah dengan biaya sangat terbatas ini harus dibuat dengan perencanaan yang matang, sehingga tidak melebihi dana yang dimiliki.
Lalu rumah-rumah ini pun harus memiliki pemasukan cahaya dan sirkulasi yang baik, sehingga tidak membutuhkan banyak energi listrik, dan menghemat biaya. Rumah-rumah ini juga harus kuat, sehingga tidak butuh banyak perawatan dan tahan lama. Memiliki desain ruang yang apik, sehingga setiap lahan termanfaatkan. Dan mempunyai desain yang
cerdas, sehingga penggunaan struktur dan bahan menjadi efektif dan efisien sesuai dengan yang dibutuhkan dan tidak berlebihan sehingga hemat biaya pembangunan. 

Kondisi perumahan dan permukiman dewasa ini ditandai dengan bertambahnya jumlah penduduk, terutama di kawasan perkotaan. Masalah perumahan dan permukiman, terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah (MBR), yaitu : 

Terbatasnya kemampuan penyediaan prasarana dan sarana perumahanMeningkatnya luasan kawasan kumuhMeningkatnya jumlah rumah tangga yang belum memiliki rumahMasih rendahnya efisiensi dalam pembangunan perumahanMasih
rendahnya kualitas perumahan rumahKepedulian akan arsitektur rakyat yang berpihak pada masyarakat berpendapatan rendah, merupakan salah satu solusi dari berbagai permasalahan kota. Lingkungan binaan yang baik akan mengantarkan masyarakat Indonesia kepada lingkungan sosial dan nilai hidup yang lebih baik. 

Studio Habitat Indonesia mengajak rekan-rekan yang memiliki visi dan misi yang sama untuk turut serta dalam proses kegiatan sayembara desain “Rumah Rakyat 2009 – redefinisi rumah dengan biaya sangat terbatas” dalam rangka pembentukan komunitas arsitektur rakyat yang pada akhirnya akan melahirkan masyarakat Indonesia yang memiliki kualitas hidup, pola pikir, dan mental yang baik lewat desain lingkungan binaan yang baik. 

Kententuan
sayembara :* 

Peserta adalah individu / team (max. 3 orang) mahasiswa arsitektur dan profesionalBiaya pendaftaran: Rp 50.000,- (mahasiswa) dan Rp 100.000,- (profesional) dikirimkan ke No. Rek. 3011409243 a/n Rufina Pragono bank BCA cab. Bendungan Hilir, JakartaPendaftaran dilakukan melalui blog studio habitat dengan menyertakan fotokopi/scan identitas diriJadwal sayembara : 

Launching publikasi 1 Juni 2009Pendaftaran selambat-lambatnya 31 Juli 2009Penerimaan desain selambat-lambatnya 20 Agustus 2009Pengumuman pemenang 3 September 2009 melalui blog Studio Habitat dan media partnershipKetentuan desain : 

Rumah tinggal dengan dana maksimal Rp
40.000.000,-Dihuni oleh sepasang suami istri dan dua orang anakMemiliki luasan lahan maksimal 90 m2, lokasi lahan ditentukan oleh masing-masing pesertaStruktur tahan gempaDesain harus mampu menjadi solusi berbagai permasalahan spesifik pada desain rumah berdana sangat terbatasDesain orisinil dan belum pernah dipublikasikan di media apapunDesain memiliki peluang untuk menjadi rumah tumbuh (rumah yang memang didesain dapat berkembang sesuai kebutuhan penghuni, hal ini dimunculkan agar calon penghuni dan desainer dapat memprioritaskan ruang yang saat ini benar-benar dibutuhkan. Tanpa mengabaikan kemungkinan akan kebutuhan ruang bertambah.) 
*Sayembara tertutup bagi anggota aktif Studio Habitat Indonesia, Habitat for Humanity Indonesia, serta karyawan Genesis, APTA, dan Wolfgang Studio Bandung. 

Permintaan gambar desain : 
(dalam CD soft copy dan hard copy A3 max. 5 lbr) 

Konsep terutama yang menjelaskan tentang pemilihan layout ruang, material, struktur, dan konteks lokasiRencana denah, tampak, dan potongan yang memperlihatkan kejelasan dimensi, struktur, dan materialRencana tapak / denah lokasiRencana anggaran biayaPerspektif
eksterior dan interiorTeknik penyajian bebasPenghargaan sayembara : 

SertifikatUang tunai masing-masing pemenang sebesar :pemenang 1 Rp 1.500.000,-pemenang 2 Rp 1.000.000,-pemenang 3 Rp 500.000,-Kesempatan mengerjakan proyek rumah murah bersama Yu Sing dari konsultan arsitektur Genesis, BandungDipublikasikan di media terkaitDiprioritaskan dalam mengikuti setiap program Studio Habitat IndonesiaJuri sayembara : 

Oky Kusprianto (Founder Studio Habitat Indonesia, APTA Bandung)Yu Sing (Supervisor Studio Habitat Indonesia, Genesis Bandung)Juri IDEASeluruh hasil karya peserta menjadi milik
publik (dapat dipergunakan sebebas-bebasnya oleh masyarakat berpenghasilan rendah) 

Informasi 

Simak informasi terkini mengenai sayembara Rumah Rakyat 2009 di media partnership edisi selanjutnya 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi : 

Studio Habitat Indonesia 
Tel/Fax : (022) 250 4609 
Email : studiohbtt@gmail.com
Website : shabitat.blogspot. com
Forum : studiohabitatindone sia@yahoogroups. com 
Address : Jl. Raden Patah no. 12, Bandung 

Sayembara Rumah Rakyat 2009 
Contact : Rendy Aditya 
Tel : (022) 933 63 515 
HP : (0812)
2017 339 
E-mail : studiohbtt@gmail.com

One thought on “SAYEMBARA RUMAH RAKYAT 2009 (redefinisi rumah dengan biaya sangat terbatas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *