Sayembara Tagline www.klikjkt.or.id

Rumuskan tagline untuk www.klikjkt.or.id paling lambat tanggal 30 Mei 2011 jam 17:00.

Kirim ke info@klikjkt.or.id

Atau twit dg #klikjkt

www.klikjkt.or.id belum mempunyai tagline, yang seharusnya ditempatkan di bagian kanan banner halaman muka yang sekarang kosong (lihat gambar terlampir).

Tujuan tagline adalah:

– dengan ringkas dan cepat menjelaskan misi www.klikjkt.or.id

– menggugah warga memanfaatkan www.klikjkt.or.id.

Juri: Tim Pengelola www.klikjkt.or.id (terdaftar di bawah)

Hadiah: T-Shirt  menarik hanya untuk satu pemenang utama dan 3 pemenang lain.

Semua rumusan tagline yang disampaikan untuk sayembara ini akan menjadi milik www.klikjkt.or.id yang  berhak menggunakannya dengan bebas, dengan atau tanpa perubahan.

Tentang klikJkt

www.klikJkt.or.id dibuat untuk menampung laporan Anda tentang keadaan dan peristiwa di Jakarta yang memerlukan perhatian atau layak menjadi pengetahuan semua, termasuk pemerintah.

Misalnya, Anda bisa melaporkan jalan berlobang atau macet (rumpun/category “Pelayanan & Fasilitas Umum”), penampakan hewan liar atau pohon tumbang (rumpun “Alam & Lingkungan”), sampah menumpuk atau pembakaran sampah (“Sampah & Pencemaran”), perusakan pusaka budaya (“Kesenian dan Pusaka Budaya”), prakarsa warga membuat biopori, pengolahan sampah mandiri, penghijauan, atau lainnya (“Prakarsa Warga”).

Usahakan laporan Anda singkat dan jelas. Kami akan melakukan moderasi untuk setiap laporan yang masuk. Tujuannya adalah menghindari laporan palsu atau kata-kata yang tidak pantas.

Bagaimana cara mengirim laporan?

Anda dapat melapor langsung tanpa perlu register dulu.

Ada empat cara untuk mengirimkan laporan:

  1. www.klikJkt.or.id
  2. SMS ke 08122053543. Format yang harus diikuti adalah (Nama, jenis laporan, alamat lokasi kejadian). Contohnya: Bing Slamet,pohon tumbang,Jalan Teuku Umar No.1,Menteng,Jakarta Pusat.
  3. Email ke lapor@klikJkt.or.id Format yang harus diikuti adalah [nama, nomor kontak, jenis laporan, alamat lokasi kejadian]. Contohnya: Bing Slamet,0816811XXX,pohon tumbang,Jalan Teuku Umar No.1,Menteng,Jakarta Pusat,[nomor rumpun, 1 sd. 9]
  4. Twitter: cukup dengan mencantumkan #klikjkt

Anda dapat mengirimkan teks melalui SMS dan kemudian mengirimkan foto melalui email untuk laporan yang sama dengan mengikuti format di atas.

Nomor telpon seluler dan alamat email Anda bersifat rahasia dan tidak akan ditampilkan. Kami memerlukannya untuk melakukan verifikasi atau tindak-lanjut.

Laporan Anda akan diapakan?

Laporan Anda akan dapat disortir menurut rumpun (category) dan wilayah. Pengelola www.klikJkt.or.id akan berupaya meneruskan laporan Anda kepada pihak-pihak yang berkaitan, termasuk Pemerintah Provinsi Jakarta. Kami berharap mereka dapat melakukan tindak-lanjut yang diperlukan.

Setiap orang, termasuk pejabat yang bertanggung jawab, dapat berlangganan untuk mendapatkan pemberitahuan bila ada laporan baru, yaitu melalui tombol “Get Alerts” di barisan menu.

Ia dapat berlangganan semua laporan, atau memlih laporan menurut wilayah dan/atau rumpun tertentu.

Siapa pengelola klikJkt?

www.klikJkt.or.id dikelola oleh Tim Sukarelawan.

Kami dapat dihubungi di lapor@klikJkt.or.id (hanya untuk menerima laporan), info@klikJkt.or.id (tidak untuk menerima laporan), akun Twitter @klikJkt, dan fanpage Facebook: klikJkt.

Tim sukarelawan saat ini terdiri dari:

  • Dian Tri Irawaty
  • Dina Indrasafitri
  • Elisa Sutanudjaja
  • Famega Syavira Putri
  • Marco Kusumawijaya

ingin bergabung? Hubungi: info@klikJkt.or.id

Apa dan mengapa ada Rumpun (category)?

Rumpun berguna untuk menggolongkan laporan Anda. Rumpun berfungsi sebagai salah satu kisi-kisi untuk menyortir. Kisi-kisi lainnya adalah kelurahan.

Anda dapat menandai laporan Anda dengan satu atau lebih dari sembilan rumpun yang tersedia. Rumpun ini wajib Anda pilih bila melapor langsung melaluiwww.klikJkt.or.id. Bila melapor melalui sms atau email, hal ini bersifat pilihan bebas (opsional).

Berikut penjelasan ringkas tentang rumpun-rumpun tersedia:

1. Pelayanan & Fasilitas Umum

Untuk laporan tentang keadaan pelayanan umum seperti air minum, pembuatan surat-surat dan lain-lain; serta keadaan fasilitas umum seperti kerusakan jalan, saluran, angkutan umum, halte bus, taman, trotoar, dan lain-lain.

2. Pembangunan & Tata Kota

Untuk laporan tentang misalnya dugaan pelanggaran tata ruang/kota, gangguan akibat kegiatanpembangunan, pembangunan yang tidak sesuai kebutuhan dan aturan yang ada, kegiatan perencanaan bagian atau seluruh kota yang Anda ketahui, dan lain-lain.

3. Air dan Banjir

Untu laporan segala hal yang terkait dengan masalah air serta genangan air serta banjir.

4. Sampah & Pencemaran

Untuk laporan tentang misalnya tempat pembuangan sampah liar, sampah yang menumpuk tidak diangkat, pembakaran yang menimbulkan asap, pencemaran dalam berbagai bentuk, dan lain-lain.

5. Bencana dan Darurat

Untuk laporan tentang terjadinya bencana dan keadaan darurat, misalnya seperti kebakaran, banjir, kecelakaan, kebutuhan akan donor darah, pohon tumbang, dan lain-lain.

6. Cuaca & Iklim

Untuk laporan tentang misalnya keadaan cuaca yang istimewa atau berbahaya, serta dugaan dampak perubahan iklim, dan lain-lain yang terkait.

7. Alam & Lingkungan

Untuk laporan tentang misalnya penampakan hewan liar atau yang menarik, pohon tumbang, tanaman istimewa yang perlu dilindungi, pristiwa alam istimewa seperti penampakan pelangi, dan lain sebagainya.

8. Kesenian & Pusaka Budaya

Untuk laporan tentang misalnya kehadiran kegiatan kesenian serta wujud kebudayaan lainnya, benda dan tempat cagar-budaya atau purbakala, termasuk bila ada ganguan atau perusakan, dan lain-lain yang terkait.

9. Prakarsa Warga

Untuk laporan tentang prakarsa warga, misalnya mengelola sampah secara mandiri, membuat biopori, membersihkan saluran, menyelenggarakan taman bacaan, mmbangun pos pengungsi untuk korban bencana, dan lain-lain.

10. Ditindaklanjuti

Rumpun ini tidak dapat digunakan oleh pelapor, tetapi hanya dapat digunakan oleh pengelola www.klikJkt.or.id untuk menandai laporan-laporan yang sedang atau sudah ditindaklanjuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *