Festival CaPing: Kota Tanpa Sampah

poster festival(F)

 

‘Kota Tanpa Sampah’ merupakan program warga di RW 08 Camar Pinguin (CaPing) Bintaro Jaya Tangerang Selatan bersama LabTanya selama setahun ini belakangan -yang juga bagian dari kegiatan Urbanisme Warga.

Acara ini sendiri merupakan babak berikut dari kampanye sekaligus sosialisasi eksperimen dan riset gagasan ‘Kota Tanpa Sampah’ khususnya untuk warga RW 08 CaPing dan juga khalayak yang lebih luas.

Ada hal menarik terkait bagaimana metoda eksperimen dan riset ini mengantar warga pada pemahaman yang lebih komprehensif tentang persoalan sampah termasuk juga langkah-langkah praktisnya. Pemahaman yang akan lebih memungkinkan hadirnya masa depan lestari, masa depan dan kota tanpa sampah. Sedikit catatan, melalui program ini kemudian ada kesadaran yang muncul di relawan warga yang terlibat tentang ‘mengurangi sampah’ lebih dari ‘memilah sampah’ apalagi sekadar ‘membersihkan sampah’.

Acara ini sekaligus juga jadi perayaan Hari Peduli Sampah Nasional yang tepat jatuh di tanggal 21 Februari nanti, yang juga akan dirayakan secara nasional dengan aksi bersih-bersih. Ini juga yang jadi alasan penting mengapa perspektif ‘mengurangi sampah’ yang jadi landasan gagasan ini perlu mendapat ruang lebih luas dalam mendekati persoalan sampah yang tidak melulu soal ‘bersih-kotor’.

Hadir yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *