Musik Kota: Silampukau

Tim Ayorek! di Surabaya, yang tergabung dalam jaringan pengetahuan perkotaan, baru saja meluncurkan ulang album musik asik yang berkaitan dengan isu dan kegaluan kota (Surabaya): “Sementara Ini” oleh Silampukau.

(Full disclosure: Salah satu personel Silampukau, Kharis Junandharu, juga terlibat di Ayorek! sebagai editor. Tapi bener kok, album ini perlu Anda dengar!)

Silampukau-SementaraIni

Musiknya sederhana, hanya berbaju gitar akustik, dengan sedikit aksen akordeon. Tapi, dibalik kesederhanaan musiknya, terkandung kekuatan besar. Hal yang sama terjadi pada lagu-lagu Bob Dylan atau Iwan Fals saat mereka muda.

Seketika, saya merasa yakin bahwa Silampukau bukan sekedar band biasa. Liriknya mudah dicerna tapi berhasil menguak banyak kisah. Musiknya pun tak kalah bersahaja, tapi tetap bernuansa elegan.
—Nuran Wibisono

Lima tahun yang lampau, lima lagu yang berkesan ini telah diliris secara mandiri oleh Silampukau dan dilepas bebas ke publik. Sembari menunggu album baru Silampukau yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, Silampukau bersama SUB/SIDE —satu netlabel (label musik berbasis internet) yang didirikan di bawah ayorek.org untuk mendokumentasikan dan menyebarkan musik pilihan Surabaya—merilis kembali EP “Sementara Ini”.

Rilisan ulang kali ini dilengkapi dengan catatan dari Nuran Wibisono:
http://ayorek.org/2014/08/sementara-menunggu-silampukau/

Album selengkapnya beserta cover dapat diunduh langsung di:
https://archive.org/download/subside007/SUBSIDE007_Silampukau-SementaraIni.zip (21.1 MB)

Selamat menikmati, dan nantikan album baru yang akan datang dari Silampukau.

This entry was posted in Events and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *