International Field School and Urban Kampung Jakarta Conference

Reviving Urban Commons

International Field School and Urban Kampung Jakarta Conference 2019

Kegiatan international field school, kolaborasi antara Rujak Center for Urban Studies dan Kanki Lab. Kyoto University akan hadir kembali di bulan September 2019. Kegiatan ini merupakan wadah kolaborasi masyarakat, tenaga professional, akademisi/mahasiswa dan pemerintah dalam mewujudkan dan melestarikan ruang hidup dalam kampung perkotaan.

Seiring waktu, minat umum terhadap isu kampung perkotaan juga tumbuh, terutama setelah berbagai inisiatif masyarakat di berbagai kota di Indonesia untuk mempromosikan kampung mereka melalui gaya dan desain arsitektur yang khas. Penting untuk benar-benar memikirkan masa depan kampung kota, dengan kemungkinan inovasi masa depan dan kreativitas dapat ditawarkan  untuk mengubah paradigma menjadi kampung perkotaan sebagai lanskap kota, daripada sekadar daerah kumuh.

International Field School and Urban Kampung Jakarta Conference memiliki tiga kegiatan utama yaitu Konferensi Internasional (16 September 2019) Workshop (16-20 September 2019) dan akan ditutup dengan presentasi publik dan pameran (21 September 2019). Tujuan dari kegiatan International Field School and Urban Kampung Jakarta Conference untuk menyempurnakan proses perencanaan partisipatif yang telah dilakukan selama program Pra-CAP dan CAP. Selain itu, studio warga untuk program reforma agraria DKI Jakarta akan diuji cobakan dalam kegiatan ini. Terakhir, sebagai misi penting dari kegiatan ini adalah untuk menyusun strategi pembangunan kota dalam atmosfer kolaborasi lintas displin.

Kegiatan ini mengangkat tema “Reviving Urban Commons” yang termanifestasi dalam “kehidupan sehari-hari”, “kebutuhan dasar” dan “pengelolaan kampung” yang akan mengambil studi kasus di Kampung Akuarium. Peserta diberi kesempatan untuk mengeksplorasi tiga variabel kehidupan berkampung untuk menjadi ide pengembangan perencanaan yang telah ada sebelumnya dari hasil Pre CAP dan CAP di Kampung Akuarium. Hasil karya peserta akan menjadi input penting bagi kehidupan warga Kampung Akuarium dalam misi mengembalikan ‘commons’ yang sempat hilang dalam proses penggusuran.

Untuk informasi lebih lengkap terkait kegiatan ini, silahkan buka tautan bit.ly/InternationalFieldSchool2019.

Daftarkan dirimu dan mari bertukar gagasan cemerlang bersama!

Info lebih lanjut dapat menghubungi nomor berikut:

Vidya : 089529356956

Rizky : 081808786531

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *