Hari Bumi

Karya Taring Padi. Tahun...

Di dalam bulan April ada Hari Bumi. Ada banyak kegiatan untuk publik. Silakan lihat di Event. Tetapi saya sendiri tidak ingat, dan tidak ingin ingat tanggal berapa yang disebut Hari Bumi itu. Sebab saya mennganggap tidak penting adanya hari khusus untuk mengingat bumi. Saya menganggap kita harus mengingat bumi setiap saat. Sebenarnya bahkan agak ketinggalan jaman (“jadoel”) pendekatan yang membuat hari ini-hari itu, juga jam ini-jam itu, termasuk “Earth Hour”. Semua itu hanya mengembalikan kita kepada insting “suka rame-rame”. Saya hanya pikir kita perlu lebih maju lagi: berubah pada tingkat personal, pada tingkat habitus masing-masing, dengan prakarsa dan kerelaan sendiri. Selamat berubah! Dan, nikmati rame-rame di bulan April!

2 thoughts on “Hari Bumi

  1. Bowo says:

    Saya rasa manfaat event yg ‘rame-rame’ itu adalah utk menjangkau mereka yang belum cukup peduli setiap saat terhadap bumi dan juga memperkuat tekad kita utk terus bekerja melestarikan dan bersahabat dengan alam.

    FYI, WiserIndonesia punya kalender kegiatan seputar Hari Bumi yg dikumpulkan dari berbagai sumber. Mudah-mudahan bermanfaat utk komunitas rujak.org juga –> http://bit.ly/Kalender_WiserIndonesia

    Salam adil lestari,
    Bowo

  2. m. subhi adzimi says:

    Hari bumi yang berketepatan pada tanggal 22 April 2010 harusnya kita rayakan dengan hal yang positif, mislnya: bersih-bersih, menanam pohon bersama, dll. Tapi coba kita lihat keluar apa yang terjadi, semua orang mementingkan kepentingan sendiri dan bahkan lupa bahwa dia hidup di bumi.
    Kalau tidak percaya silahkan coba tanya pada orang di luar,
    coba tanya:
    1.tanggal berapa hari bumi?
    2.apa yang harus dilakukan untuk bumi?

    pasti orang itu tidak akan tahu jawaban dari pertanyaan tersebut…
    mari kita rawat bumi ini dimulai dari kita sendiri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *