[Pendaftaran Dibuka] Kelas Perencanaan Inklusif dan Partisipatif Melalui Pelatihan Perencanaan Bersama

Perencanaan yang dilakukan secara bersama sangat penting untuk diterapkan dalam berbagai aspek perencanaan kota. Berdasarkan refleksi dari pengalaman kami bersama jaringan lainnya, Rujak Center for Urban Studies membuat sebuah Alat Bantu Perencanaan Bersama untuk mempermudah pembelajaran bagi siapapun yang tertarik dan ingin mendalami proses perencanaan bersama.

Alat Bantu Perencanaan Bersama merangkum topik-topik penting mulai dari pengantar perencanaan bersama, tahapan pada praktik pelaksanaan, hingga pengelolaan hunian yang dilakukan secara bersama. Alat Bantu ini juga dilengkapi dengan contoh studi kasus dan satu set contoh peralatan (toolkit) Perencanaan Bersama untuk memudahkan peserta yang mempelajarinya. 

Housing Lab by RCUS, sebagai unit di bawah naungan Rujak Center for Urban Studies yang berfokus pada isu permukiman dan hunian, telah merancang Program Pelatihan Perencanaan Bersama yang dibuka berbiaya untuk umum. Pelatihan ini akan dilakukan dalam bentuk kelas yang akan membedah tiap-tiap bagian dari Alat Bantu Perencanaan Bersama. 

Kelas pelatihan pertama ini akan dilaksanakan pada 26 Juli 2022 di Kampung Akuarium, Jakarta Utara. 

Dalam program ini, peserta akan mendapat:

  • Alat Bantu Perencanaan Bersama*
  • Kelas teori Tata Cara Penggunaan Alat Bantu, Prinsip HAM dalam Perencanaan Bersama, dan Pengenalan & Prinsip Perencanaan Bersama
  • Tur Kampung Susun Akuarium dan diskusi: Perencanaan Bersama di Kampung
  • Makan siang dan snack
  • Sertifikat elektronik.

*tidak dijual terpisah, melainkan harus dengan mengikuti pelatihan

Biaya pendaftaran pelatihan:
Publik dan Rp600.000,- per orang
Mahasiswa Rp500.000,- per orang
*Sebesar 15% dari biaya pendaftaran akan diserahkan kepada Koperasi Aquarium Bangkit Mandiri untuk pengembangan koperasi. 

Deskripsi program selengkapnya pada bit.ly/HousingLabTrainingToR.
Daftarkan dirimu melalui tautan
bit.ly/HousingLabTraining atau hubungi Rima (081295324666).
Pendaftaran dibuka hingga 24 Juli 2022.

 

Lihat juga liputan salah satu lokakarya kami, Perencanaan Transportasi untuk Kampung Kota, yang menggunakan prinsip Perencanaan Bersama untuk merencanakan Transportasi di Kampung Kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *