Sekolah Urbanis Seri Oktober 2023: Kota dan Eksploitasi

poster publikasi sekolah urbanis seri oktober 2023

TENTANG SEKOLAH URBANIS

Sekolah Urbanis adalah sebuah inisiatif yang diluncurkan Rujak Center for Urban Studies melalui hibah yang diberikan oleh Antipode Foundation pada tahun 2020. Inisiatif ini merupakan bagian integral dari upaya yang dilakukan Rujak untuk memproduksi pengetahuan bersama tentang perkotaan. Rujak meyakini bahwa pengetahuan yang terus-menerus diperbarui, yang dihasilkan melalui kerja sama yang setara dan partisipatif, serta yang tercermin dalam pemikiran dan tindakan sehari-hari, merupakan hal yang sangat penting dalam mendorong perubahan positif dalam konteks perkotaan.

Rujak meyakini bahwa untuk mencapai perubahan yang signifikan dalam perkotaan, kita perlu membangun pondasi pengetahuan yang kuat dan inklusif. Sekolah Urbanis menjadi tempat di mana pemikiran kritis dan pemahaman mendalam tentang isu-isu perkotaan dapat tumbuh dan berkembang. Dengan demikian, inisiatif ini bukan hanya tentang menghasilkan pengetahuan, tetapi juga tentang mendorong adanya keterlibatan aktif masyarakat dalam menggali dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk menciptakan perkotaan yang lebih berkelanjutan, inklusif, dan adil.

Program Sekolah Urbanis yang pernah diselenggarakan sebelumnya:

  1. Sekolah Urbanis 2020: Sejarah, Pandemik, dan Kota Masa Depan
  2. Sekolah Urbanis 2022: Kecil Tertukar, Muda Bertagar, Tua Bertengkar, Mati Tercemar

SEKOLAH URBANIS 2023-2024

Kota-kota Indonesia: Pengantar untuk Orang Banyak

Sejak sekitar tahun 2005, Marco Kusumawijaya telah melakukan penelitian mendalam tentang kota-kota di Indonesia dan penelitian tersebut ia bukukan dalam “Kota-kota Indonesia: Pengantar untuk Orang Banyak”. Selain meneliti, Marco juga aktif sebagai praktisi, bukan hanya sebagai perencana/perancang, tetapi juga sebagai pelaku berbagai program produksi pengetahuan bersama masyarakat. Ia juga seorang aktivis yang memperjuangkan kota yang lebih baik dalam berbagai dimensi. Semua pengalaman itu mewarnai penulisan buku tersebut menjadi memiliki perspektif yang khas.

Rujak Center for Urban Studies, sebagai penerbit buku tersebut, dan sebagai organisasi yang dia ikut dirikan dengan visi yang sama, yaitu memproduksi pengetahuan perkotaan, akan mengadakan Sekolah Urbanis untuk lebih jauh memahami kota-kota Indonesia melalui perspektif buku tersebut. Pada Seri Oktober 2023, tema yang diangkat adalah “Kota dan Eksploitasi”.

Seri Oktober 2023: Kota dan Eksploitasi

Tumbuh kembangnya kota selalu berjalan seiring dengan proses eksploitasi, baik alam maupun manusia. Hasilnya tidak selalu menjamin kesejahteraan sosial, lingkungan, atau keadilan. Berangkat dari urbanisme di Ternate hingga Bandung, seri Kota dan Eksploitasi bertujuan untuk membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang hubungan antara eksploitasi dan kota-kota Indonesia, serta dampaknya terhadap masyarakat, lingkungan, dan dinamika perkotaan secara keseluruhan.

Harapannya adalah dengan pemahaman itu peserta dapat melihat dengan lebih jernih keadaan kota-kota Indonesia sekarang dan atas dasar itu dapat mengembangkan imajinasi masa depan yang berbeda daripada yang dapat dibayangkan sebelumnya. Kami mengundang Anda yang antusias dalam berbagi pengetahuan dan gagasan tentang kota. Sekolah Urbanis terbuka bagi siapapun, tidak terbatas pada latar belakang/disiplin keilmuan tertentu saja.

Sekolah Urbanis Seri Oktober 2023 akan diadakan pada 8 Oktober hingga 5 November 2023. Kelas-kelas akan diadakan dalam 5x pertemuan daring (melalui platform Zoom) berdurasi 2 jam, setiap hari Minggu, pukul 10:00-12:00 WIB.

Seluruh sesi kuliah akan dibawakan langsung oleh Marco Kusumawijaya dan salah satunya bersama pengajar tamu.

Pendaftaran

Pendaftaran dibuka hingga 6 Oktober 2023 pukul 14:00 WIB
Tautan 
Terms of Reference program: s.id/TOR-SU-KotadanEksploitasi
Tautan Pendaftaran: s.id/daftar-SU-KotadanEksploitasi

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Email: sekolah@rujak.org (cc to: karunia@rujak.org)
WhatsApp: 
 +62 813 9196 7767
IG: @rujakrcus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *